
1.Akses Pendidikan
2.Mutu Pendidikan
3.Manajemen Pendidikan
Terkait dengan nomor 1 Pemerataan dan perluasan akses pendidikan dapat dilihat dari beberapa jenis Indikator seperti :
1.Angka Partisipasi Kasar (APK)
2.Angka Partisipasi Murni (APM)
3.Angka Partisipasi Sekolah (APS)
4.Angka Melanjutkan
Untuk mengetahui Angka Partisipasi Kasar (APK) atau Gross Enrollment Rate (GER) adalah perbandingan antara jml siswa pd jenjang pendidikan tertentu dg penduduk kelompok usia sekolah yg sesuai dan dinyatakan dlm persentase, kegunaannya untuk mengetahui banyaknya anak yang bersekolah di suatu jenjang pendidikan dan daerah.
Angka Partisipasi Murni (APM) atau Net Enrollment Rate (NER) adalah perbandingan antara jml siswa klp usia sekolah pd jenjang pend. tertentu dg penduduk usia sekolah yg sesuai dan dinyatakan dlm persentase. Kegunaannya untuk mengetahui banyaknya anak usia sekolah yang bersekolah di suatu jenjang pendidikan yang sesuai
Angka Partisipasi Sekolah (APM usia sekolah) definisinya Perbandingan antara jml siswa kel usia sek tertentu yg bersek pd bbrp jenjang pend dg pend kel usia sek tertentu yg sesuai dan kegunaannya untuk mengetahui banyaknya anak usia sekolah yg telah bersekolah di semua jenjang pendidikan dan merupa-kan alat ukur pemerataan pendidikan.
Angka Melanjutkan (AM), Perbandingan antara jml siswa baru tingkat satu pd jenjang pendidikan yg lebih tinggi dg jml lulusan pada jenjang yg lebih rendah dan dinyatakan dlm persentase. Kegunaannya untuk mengetahui banyaknya lulusan yang dpt melanjutkan ke jenjang pend yg lbh tinggi atau daya tampung dr sek yg lbh tinggi.
Dan terkait dengan Mutu, relevansi dan daya saing pendidikan dapat di lihat dari beberapa Jenis Indikator seperti :
1.Kualifikasi Guru (Strata, Jurusan)
2.Angka Kelulusan
3.Angka Mengulang Kelas (AMK)
4.Angka Putus Sekolah (APS)
5.Rata-rata Nilai UAN?
Salah satu Kualifikasi Guru diatur dalam PP SNP: Pasal 29 (ayat 2) dan Permendiknas No.16 th 2007 yang menyatakan :
Pendidik pada SD/MI, atau bentuk lain yang sederajat memiliki:
•kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1)
•latar belakang pendidikan tinggi di bidang pendidikan SD/MI, kependidikan lain, atau psikologi; dan
•sertifikat profesi guru untuk SD/MI
Selanjutnya dalam pembangunan Pendidikan diperlukan adanya efisiensi manajemen pendidikan (Penguatan Tata kelola, Akuntabilitas, dan Citra Publik) dengan kata lain Suatu program pendidikan yg efisien ialah yg mampu menciptakan keseimbangan antara sumber-sumber yg dibutuhkan dan yg ada/tersedia guna mengurangi hambatan-hambatan dlm mencapai tujuan-tujuan pendidikan.


1 komentar:
i like......
Posting Komentar