Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan selanjutnya disebut KORWILCAM merupakan pelaksana sebagian fungsi Dinas di bidang teknis operasional dan teknis penunjang pelaksanaan tugas dinas, dipimpin oleh KORYANDIK yg berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris dan melaksanakan koordinasi dengan Bidang terkait. (Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 50 tahun 2016 psl 25 ayat(1) dan (2).KORWILCAM mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi, pengawasan dan pengendalian dan pelayanan administrasi pendidikan di kecamatan, meliputi Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar dan Pendidikan Nonformal. psl 27 ayat(1) (2) (3)
Selamat Datang di Situs Media KORWILCAMDIK Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Sabtu, 27 September 2008

Kepala UPTD P dan K Cicurug Gelar Buka Bersama

Dalam rangka agenda kegiatan Romadhon 1429 H Kepala UPTD Dinas P dan K Kec.Cicurug Kabupaten Sukabumi Iyus Mulyana,S.Pd. gelar buka bersama dengan para Pengawas TK/SD dan Penilik serta para staf.. Hal ini dilaksanakan agar terjalin silaturohim diantara pelaksana UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Cicurug sehingga diharapkan jalinan ini akan menumbuhkan rasa kekeluargaan sebagai salah satu modal dasar untuk menunjang kinerja yang saling mengisi demi tercapainya tujuan Pendidikan Formal dan Non Formal khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Buka bersama ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 26 September 2008 atau hari ke 26 di bulan Romadhon 1429 H bertempat di luar kantor yaitu di salah satu tempat Rumah Makan Cimelati Raya di Cicurug dengan maksud agar pertemuan tersebut benar-benar dapat dirasakan dalam suasana kekeluragaan,. Disela-sela menjelang buka bersama Kepala UPTD dan Para Pengawas/Penilik dialog membahas tentang peningkatan kualitas pendidikan, hal ini sesuai dengan Isu Strategis Pembangunan Pendidikan Nasional yang meliputi :
1.Akses Pendidikan
2.Mutu Pendidikan
3.Manajemen Pendidikan
Terkait dengan nomor 1 Pemerataan dan perluasan akses pendidikan dapat dilihat dari beberapa jenis Indikator seperti :
1.Angka Partisipasi Kasar (APK)
2.Angka Partisipasi Murni (APM)
3.Angka Partisipasi Sekolah (APS)
4.Angka Melanjutkan
Untuk mengetahui Angka Partisipasi Kasar (APK) atau Gross Enrollment Rate (GER) adalah perbandingan antara jml siswa pd jenjang pendidikan tertentu dg penduduk kelompok usia sekolah yg sesuai dan dinyatakan dlm persentase, kegunaannya untuk mengetahui banyaknya anak yang bersekolah di suatu jenjang pendidikan dan daerah.

Angka Partisipasi Murni (APM) atau Net Enrollment Rate (NER) adalah perbandingan antara jml siswa klp usia sekolah pd jenjang pend. tertentu dg penduduk usia sekolah yg sesuai dan dinyatakan dlm persentase. Kegunaannya untuk mengetahui banyaknya anak usia sekolah yang bersekolah di suatu jenjang pendidikan yang sesuai

Angka Partisipasi Sekolah (APM usia sekolah) definisinya Perbandingan antara jml siswa kel usia sek tertentu yg bersek pd bbrp jenjang pend dg pend kel usia sek tertentu yg sesuai dan kegunaannya untuk mengetahui banyaknya anak usia sekolah yg telah bersekolah di semua jenjang pendidikan dan merupa-kan alat ukur pemerataan pendidikan.

Angka Melanjutkan (AM), Perbandingan antara jml siswa baru tingkat satu pd jenjang pendidikan yg lebih tinggi dg jml lulusan pada jenjang yg lebih rendah dan dinyatakan dlm persentase. Kegunaannya untuk mengetahui banyaknya lulusan yang dpt melanjutkan ke jenjang pend yg lbh tinggi atau daya tampung dr sek yg lbh tinggi.

Dan terkait dengan Mutu, relevansi dan daya saing pendidikan dapat di lihat dari beberapa Jenis Indikator seperti :
1.Kualifikasi Guru (Strata, Jurusan)
2.Angka Kelulusan
3.Angka Mengulang Kelas (AMK)
4.Angka Putus Sekolah (APS)
5.Rata-rata Nilai UAN?
Salah satu Kualifikasi Guru diatur dalam PP SNP: Pasal 29 (ayat 2) dan Permendiknas No.16 th 2007 yang menyatakan :
Pendidik pada SD/MI, atau bentuk lain yang sederajat memiliki:
•kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1)
•latar belakang pendidikan tinggi di bidang pendidikan SD/MI, kependidikan lain, atau psikologi; dan
•sertifikat profesi guru untuk SD/MI

Selanjutnya dalam pembangunan Pendidikan diperlukan adanya efisiensi manajemen pendidikan (Penguatan Tata kelola, Akuntabilitas, dan Citra Publik) dengan kata lain Suatu program pendidikan yg efisien ialah yg mampu menciptakan keseimbangan antara sumber-sumber yg dibutuhkan dan yg ada/tersedia guna mengurangi hambatan-hambatan dlm mencapai tujuan-tujuan pendidikan.

Kesimpulan, dari acara dialog menjelang buka puasa, ada suatu harapan khususnya di lingkungan Dinas P dan K Kecamatan Cicurug umumnya Pendidikan Nasional, demi tercapainya pembangunan pendidikan semua pihak pelaksana mulai unsur Birokrasi pendidikan, Pengawas dan pelaksana dilapangan (Kepala Sekolah, Guru dan Staf) juga peran serta masyarakat, sama sama berperan aktif yang dilandasi dengan kesadaran dan tanggungjawab untuk memajukan pendidikan. Pendidikan yang baik merupakan salah satu modal untuk menjadi orang cerdas. ........ semoga. Dengan tidak terasa waktu Magrib sudah tiba, alhamdulillah buka bersama terlaksana.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

i like......

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes